Sabtu, 26 September 2009

Kata bijak hari ini

"Live in me. Make your home in me just as I do in you.... if you make yourselves at home with me and my words are at home in you, you can be sure that whatever you ask will be listened to and acted upon."
(Yoh 15:4a,17  The Message Version)

Kata bijak kali ini diambil dari Kitab Yohanes 15:14a,17. Saya sangat terkesan ketika merenungkan Firman Tuhan ini. Dari ayat tersebut, Kristus mengundang kita untuk hidup di dalam Tuhan, Dia mengajak kita untuk bisa (home) nyaman di dalam Dia, sama seperti Dia nyaman dengan kita. Setahu saya dalam bahasa inggris ada dua kata untuk mengartikan 'rumah', home dan house. Kata house mengacu pada bangunan fisiknya, sedangkan home lebih menekankan pada suasana dalam rumah itu sendiri, jadi kata home yang dipakai dalam The message Version tersebut bisa diartikan sebagai rasa nyaman, aman, betah, kerasan di dalam Tuhan....

Kenapa kita harus bisa merasa nyaman di dalam Tuhan? di ayat yang ke-17 Tuhan menyatakan janji-Nya; jika hidup nyaman di dalam Tuhan dan Firman-Nya juga hidup nyaman di dalam kita, maka kita boleh yakin bahwa apapun yang kita minta, Tuhan akan mendengarkannya dan akan segera melakukannya.

Bagaimana kita bisa nyaman di dalam Tuhan? kita akan nyaman dengan Tuhan jika kita mengenal Dia dengan baik. Kita bisa merasa nyaman dengan keluarga kita, sahabat, kekasih, atau teman-teman kita karena kita betul-betul mengenal mereka dengan baik dan dalam, kenapa kita bisa mengenal mereka demikian? kerena kita sering berinteraksi dengan mereka, sering berkomunikasi dengan mereka, sering bertemu dengan mereka.... Demikian juga dengan kita dan Tuhan, jika kita mengenal Tuhan dengan baik dan dalam, maka kita akan merasa nyaman dengan Dia. Bagaimana kita bisa mengenal Dia? satu-satunya cara untuk bisa mengenal Tuhan adalah dengan bergaul erat dengan Firman-Nya, jika kita sering berikteraksi dengan Tuhan melalui FirmanNya, berkomunikasi dan bertemu dalam doa dan persekutuan yang intim dengan Tuhan maka kita akan mengenal Dia dengan baik, sehingga kita akan merasa nyaman dengan Tuhan.

Sudahkah Kristus merasa nyaman dengan anda? Tuhan sangat mengasihi kita, Dia ingin selalu ada bersama-sama dengan kita, terlibat dalam setiap kehidupan kita.... tetapi karena dosa-dosa kitalah yang membuat kita jauh dari Tuhan. Tuhan adalah Allah yang kudus, jika kita tetap berbuat dosa maka Tuhan akan menjadi merasa tidak nyaman dengan kita.

Jadi jika kita ingin benar-benar merasa nyaman di dalam Tuhan dan Tuhan nyaman dengan kita, maka selain kita harus terus tekun dalam FirmanNya dan doa serta persekutuan pribadi yang intim dengan Tuhan, kita juga harus bisa menjaga kekudusan hidup kita di dalam Tuhan.

Jika anda sudah bisa melakukan semua itu maka; "you can be sure that whatever you ask will be listened to and acted upon."

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda