Selasa, 15 September 2009

Hal Kekuatiran

Matius 6:25
"Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?"
--Versi Terjemahan Baru--

Dalam ayat ini, untuk kesekian kalinya Tuhan berbicara tentang kekuatiran.Kali ini Tuhan kembali menegaskan pada kita untuk tidak perlu merasa kuatir tentang setiap kebutuhan-kebutuhan sehari-hari kita. Tentang apa yang akan kita makan, minum, atau tentang pakaian yang apa yang akan kita pakai? karena hidup yang kita jalani sekarang ini bukan hanya sekedar hidup yang tanpa tujuan, yang cuma makan, minum, menghabiskan waktu, lewat begitu saja tanpa arti. Hidup kita dalam Tuhan sangat berharga, ada tujuan mulia yang sangat luar biasa yang Tuhan persiapkan.

Jika kita baca ayat tersebut dalam The Message version sangat menolong kita untuk mengerti apa yang hendak Tuhan nyatakan melalui Matius ini;

Matius 6:25
"If you decide for God, living a life of God-worship, it follows that you don't fuss about what's on the table at mealtimes or whether the clothes in your closet are in fashion. There is far more to your life than the food you put in your stomach, more to your outer appearance than the clothes you hang on your body"

dalam ayat tersebut dikatakan (terjemahan bebas) "jika kita sudah memutuskan untuk Tuhan bahwa kita menjalani kehidupan yang menyembah Allah, maka kita tidak boleh lagi rewel/ribut tentang apa yang tersedia di meja saat kita hendak makan atau apakah pakaian yang kita miliki sudah sesuai mode atau belum. Ada sesuatu yang sangat jauh lebih dalam hidup kita dibanding dengan makanan yang masuk dalam perut kita, lebih dari sekedar penampilan luar yang kita kenakan."

bahkan dalam Matius 6:27 digambarkan bahwa dengan kita merasa kuatir itu tidak akan menyelesaikan semua persoalan yang kita hadapi, lebih jelas lagi dalam The Message Bible version dikatakan "Has anyone by fussing in front of the mirror ever gotten taller by so much as an inch?" --apakah ada orang yang dengan mengomel di depan cermin maka tingginya akan bertambah beberapa inci?--
melalui ayat yang ke-27 ini Tuhan hendak berbicara bahwa tidak ada gunanya kita kuatir atau mengeluh.

Lantas apa yang harus kita lakukan supaya kita tidak kuatir, tidak mengeluh tentang setiap kebutuhan-kebutuhan kita? Dalam Matius 6:33 Tuhan menyatakan janji-Nya; "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu" ya, carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semua itu akan ditambahkan kepadamu, tidak perlu lagi kita mengeluh tentang kebutuhan-kebutuhan hidup kita, tidak perlu lagi kita kuatir tentang hidup kita, fokus hidup kita hanyalah mencari kerajaan Allah dan kebenarannya, selebihnya Tuhan yang akan mengatur, Dia akan menyediakan bagi kita setiap apa yang akan kita butuhkan, dan bukan sekedar menyediakan saja tetapi juga akan menambahkannya bagi kita.


"Tetaplah melangkahkan hidup anda dalam realitas Tuhan, inisiatif Allah, dan dalam ketentuan-Nya, janganlah kuatir, setiap kebutuhan sehari-hari anda pasti akan Tuhan penuhi"

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda