Minggu, 20 September 2009

Waktu Yang Tepat


Perikop ini menceritakan tentang bagaimana Yesus melakukan mujizat membangkitkan Lazarus, saudara dari Martha dan Maria yang Yesus kasihi, Maria ini yang membasuh kaki Yesus dengan minyak mur dan menyeka dengan rambutnya.

Dalam ayat tersebut dikisahkan bahwa Lazarus mengalami sakit keras, dan kemudian Maria dan Martha memita tolong pada Yesus berharap untuk datang menyembuhkan Lazarus. Tetapi pada waktu itu Yesus SENGAJA tidak segera datang ke Bethania untuk menyembuhkan Lazarus. Ia sengaja menunggu dua hari berselang, Dia tahu betul bahwa apa yang dialami Lazarus pada waktunya akan membawa kemuliaan bagi Tuhan.

Setelah Yesus tahu bahwa Lazarus sudah meninggal, dan dua hari sudah berlalu, maka Dia beserta murid-muridNya segera kembali ke Bethania. Ketika Martha mendengar Yesus datang, maka dia pun segera menemui-Nya, begitu juga Maria, mereka merasa bahwa Yesus sudah terlambat, dengan penyesalan mereka berkata pada Yesus, "sekiranya Tuhan ada disini, pasti saudaraku tidak akan mati" melalui pernyataan ini menunjukkan bahwa mereka percaya pada Yesus, tetapi menurut mereka Yesus terlambat menolong mereka. Sekalipun demikian mereka tetap percaya bahwa Yesus sanggup melakukan perkara-perkara yang ajaib. Yesus menegaskan pada mereka bahwa, "Saudaramu akan bangkit" Dia juga mengatakan pada mereka untuk tetap percaya kepada-Nya, Yesus berkata pada mereka, "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?" dan tidak lama berselang Yesus berdoa dan akhirnya Lazarus pun dibangkitkan dari kematian.


Kesaksian yang sangat menarik.. kira-kira pelajaran apa yang bisa kita dapatkan dari kisah pada perikop diatas? satu hal yang sangat berkesan bagi saya, Tuhan tahu kapan waktu yang tepat, Dia tidak pernah terlambat menolong kita.

Tuhan tahu betul bahwa Maria dan Martha sedang dalam kedukaan, kesedihan, kemalangan, penderitaan, pergumulan, dan Tuhan sangat mengasihi mereka.. Sama seperti pada kita, disaat kita mengalami pergumulan, persoalan, masalah, kesedihan, penderitaan, apapun itu.. Tuhan tahu betul kita sedang mengalami itu, Dia mengerti betul apa yang kita alami, Tuhan sangat mengasihi kita...


Disaat dalam pergumulan itu, sama seperti Maria dan Martha, kita akan segera berseru pada Tuhan, berharap Dia akan segera datang dengan kuasanya menolong kita dari setiap pergumulan yang melilit kita itu.. Tetapi kadang-kadang kita merasa bahwa Tuhan tidak kunjung datang menolong kita, bahkan pada waktu yang sudah genting sekalipun Tuhan sepertinya belum datang juga.. dalam perikop diatas dikisahkan bahkan sampai Lazarus meninggal pun Yesus belum datang, disaat-saat yang paling berat, disaat yang paling menyakitkan.. hingga pada akhirnya kita kadang merasa bahwa Tuhan sudah terlamabat menolong kita...


Tetapi melakui kesaksian pada perikop diatas dijelaskan bahwa Tuhan mengerti betul apa yang dilakukan-Nya, Dia Tuhan, Dia Allah.... Satu-satunya alasan kenapa Tuhan tidak SEGERA datang adalah supaya melalui pergumulan yang kita alami itu NAMA TUHAN DIMULIAKAN. Tuhan tidak pernah terlambat, sekalipun sering kali kita merasa Tuhan terlambat menolong kita, sama seperti Maria dan Martha yang menyayangkan kedatangan Yesus tidak tepat, karena Lazarus sudah meniggal. Tetapi justru dengan meninggalnya Lazarus tersebut nama Tuhan akan dimuliakan, Yesus membangkitkan Lazarus dari kematian, dengan begitu Yesus dapat menyatakan dirinya pada orang banyak bahwa, 25"..Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, 26dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya..."

Jadi apa yang harus saya lakukan sekarang? mulai hari ini, dalam setiap pergumulan, persoalan, masalah, tekanan hidup, kesedihan, atau apapun itu... saya harus tetap percaya pada Tuhan, berseru pada-Nya, berserah pada Tuhan, sekalipun kadang-kadang sepertinya Tuhan terlambat datang, tapi aku akan tetap percaya bahwa melalui semua pergumulan dan permasalahan yang saya hadapi itu NAMA TUHAN AKAN DIMULIAKAN. Tuhan TIDAK PERNAH TERLAMBAT MENOLONGKU, Dia sanggung melakukan perkara-perkara yang ajaib, mujizat-mujizat yang luar bisa, DIA SANGGUP MENOLONGKU.


Semonga anda semua diberkati, Amin

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda